Transfer Antar Bank Gratis Menggunakan Flip

Ini adalah kisah pertemuan saya dengan sebuah aplikasi yang sangat membantu dan selalu mewarnai hari-hari saya. Hehehehe

Pada awal Juli 2016, saya melihat salah satu akun yang saya ikuti di Twitter menulis tweet tentang Flip: sebuah aplikasi untuk melakukan transfer ke lain bank namun tidak dikenakan biaya administrasi sama sekali. Pada saat itu, saya sangat bahagia melihat kabar yang dari dulu saya nanti-nanti. Saya selalu membayangkan betapa bahagianya jika transfer ke lain bank tidak dikenakan biaya. Dannnn….Ternyata alam semesta mewujudkan angan-angan saya. Akhirnya dengan semangat berapi-api saya langsung browsing mengenai Flip. Kemudian saat itu pula saya langsung mendaftarkan diri sebagai penggunanya. Pendaftarannya sangat mudah. Jika kamu ingin daftar, bisa melalui https://flip.id/start 

Sebagai pemilik online shop, salah satu penderitaan yang saya hadapi adalah ketika harus melakukan pengembalian uang pada pelanggan pada saat ada salah satu stock barang yang kosong. Penderitaan ini semakin lengkap ketika harus mengembalikannya ke rekening bank yang berbeda dengan yang saya miliki. Namun setelah hadirnya Flip dalam hidup saya, penderitaan tersebut seketika langsung sirna. Ciye.

Apa itu Flip?

Flip adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan transfer ke lain bank tanpa dikenai biaya administrasi. Sayangnya untuk saat ini hanya bisa diakses melalui browser, belum ada aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store atau Playstore. 

Sejarah Flip 

Flip mulai beroperasi pada November 2015 yang didirikan oleh Rafi Putra Arriyan atau biasa dipanggil Ari, seorang alumni dari Universitas Indonesia. Namun, sempat berhenti beroperasi pada Juli – Oktober 2016 karena pihak Flip sedang melakukan proses lisensi ke Bank Indonesia.

Selama Flip melakukan proses perizinan, saya benar-benar merasakan kehilangan. Rasanya seperti kehilangan seseorang yang sangat saya sayangi. (Kok jadi curhat, ya? Hahaha). Namun akhirnya pada pertengahan Oktober 2016 saya mendapat kabar melalui email bahwa Flip akan kembali beroperasi. Yey. Saya sangat bahagia sebahagia-bahagianya pada waktu itu.

Salah satu hal yang saya sukai dari Flip adalah panggilannya kepada pengguna dengan sebutan “Kakak”. Panggilan ini membuat saya merasa bahwa Flip sudah seperti saudara kandung saya. Hahahaha

Apa sih kelebihannya? 

Hehehe seperti yang telah dijelaskan melalui definisinya, dengan menggunakan Flip tentu kamu akan lebih menghemat biaya dan mengurangi Riba’. Apalagi untuk para pemilik toko online, saya yakin Flip sangatlah membantu.

Pakai Flip aman gak, sih? 

Hal pertama yang selalu diterapkan oleh pihak Flip adalah keamanan penggunanya. Seluruh proses transfer dilakukan dengan menggunakan sistem bank, sehingga uangmu pasti akan sampai ke rekening tujuan dengan aman. (Source: https://flip.id/start)

Cara menggunakannya bagaimana? 

Melakukan transaksi melalui Flip sangatlah mudah. Pertama, kamu (pengguna) melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan akun bank yang kamu miliki. Setelah melakukan transfer, kamu harus melakukan verifikasi transfer agar transaksimu segera diproses. Kemudian pihak Flip akan meneruskan uangmu ke rekening tujuan. Kamu hanya menunggu waktu sekitar 20 menit, kemudian bukti transfer yang dilakukan pihak Flip akan dikirim melalui email kamu.

Apakah Flip dapat dipercaya?

Flip saat ini sudah berbentuk PT dan sudah memiliki izin usaha yang terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68, dan berada di bawah pengawasan Direktorat Inovasi dan Inkubasi UI. sumber https://flip.id/faq 

Flip sangat membantu saya sejak kali pertama saya menggunakannya. Prosesnya sangat mudah, cepat dan yang terpenting aman. Trimakasih Flip!

Saya kira cukup sudah cerita mengenai pertemuan saya dengan Flip. Saya menulis ini karena rasa sayang saya kepada Flip dan rasa terimakasih saya kepadanya karena telah membantu dan meringankan beban penderitaan saya dalam menjalankan bisnis. Hahha lebay. Saya berharap Flip selalu ada dan semakin berkembang sehingga selalu memudahkan penggunanya. Flip selalu di hati. Trimakasih bagi pembaca yang budiman. Semoga tulisan saya bermanfaat bagi teman-teman semua.

Salam,

Qistia.

 

Penulis:

Penikmat seni yang belum bisa berkesenian. Sedang menyibukkan diri dengan studi, berbisnis online, dan menghabiskan sisa waktu luangnya sebagai pekerja paruh waktu di perusahaan yang bergerak dibidang teknologi informasi dan telekomunikasi. Bisa dihubungi di qistia.ummah@gmail.com

Tinggalkan Balasan

